Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Buka lemari pakaian Anda dan Anda mungkin akan menemukan kumpulan hanger dari bahan yang berbeda. Mulai dari plastik, kawat, hanger berlapis busa, hanger setelan, hanger celana panjang, bahkan bagi para jetsetter terdapat gantungan khusus untuk traveling.

Pilihan hanger yang tepat bisa memperpanjang umur busana dan menghemat waktu untuk menyeterika.

Jenis hanger

Hanger jenis apa yang harus terdapat di dalam lemari baju? Apakah lemari baju pria harus diperlakukan beda dengan lemari baju perempuan? Perhatikan jenis baju yang ada di lemari baju Anda dan tentukan jenis hanger yang diperlukan. Lalu taksir luas ruang yang tersedia untuk menyimpan busana Anda. Keraskan hati dan singkirkan baju yang selama 2 tahun tak pernah Anda pakai. Tak ada gunanya menggantung beberapa potong busana pada 1 gantungan tipis karena tidak ada tempat. Selain baju jadi kusut karena ditumpuk, Anda juga aan sulit mencarinya.

Ukuran lemari

Amati apakah Anda punya cukup ruang untuk menggantung semua baju Anda atau ada sebagian yang harus dilipat. Blus sutera memerlukan cara penyimpanan yang berbeda dengan kemeja katun yang bisa diseterika dan dilipat. Setelan tailor, jaket, dan busana kerja yang harus selalu rapi harus diprioritaskan untuk digantung dibanding busana kasual. Rajutan tak pernah bleh digantung. Untuk memudahkan Anda, berikut panduan tentang baju yang harus digantung dan yang harus dilipat.

Yang harus digantung

Sebagian besar gaun, terutama model tailor
Pantalon dengan lipatan
Semua baju yang punya lipatan
Jaket dan setelan
Bahan-bahan halus yang mudah kusut seperti raw silk, beludru, chiffon, dan taffeta
Sebagian besar busana malam
Kemeja pria yang harus diseterika
Gaun malam sutera yang mahal
Dari pada rak khusus

Yang harus dilipat

Rajutan-atasan, celana panjang, rok bawah, dan rok terusan
Sweater, kardigan, dan pullover
Rok bawah dan gaun gaun potongan bias dan A-line. Menggantungnya bisa mengubah bentuk
Gaun malam yang halus, terutama yang bersulam manik atau mote
T-shirt katun, lipat rapi untuk mengurangi kusut
Celana panjang atau short kasual dari bahan yang tidak licin, misalnya kain kusut
Scarve dan shawl
Baju olahraga
Pakaian dalam, stocking dan kaus kaki
Bahan strecth sintetik karena cepat kembali ke bentuk semula.

Memilih hanger

Hanger tertentu mempunyai kualitas yang lebih baik dibanding yang lainnya, yang otomatis harganya lebih mahal. Jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang hanya untuk hanger, pilih hanger plastik yang kuat untuk baju sehari-hari ketimbang hanger kawat. Setelan harus digantung dngan hanger setelan dan celana panjang harus digantung untuk menjaga kerapihan lipatan setelah diseterika. Untuk menghemat ruang, pilih hanger kelem untuk celana panjang. Dengan hanger ini Anda sekaligus bisa menggantung 2 celana panjang. Selain itu, hanger jenis ini lebih kuat dibanding hanger dengan jepitan logam, yang biasanya lebih baik digunakan untuk rok bawah.

Hemat waktu dengan hanger

Pada kenyataannya perempuan perlu lebih banyak ruang di lemari baju dibanding pria. Tapi perlu dipertimbangkan juga untuk memberi lebih banyak ruang pada kemeja bisnisnya. Terutama jika Anda yang menyeterika. Kemeja kerja pria harus diseterika, lalu digantung pada hanger kemeja yang kuat, dari plastik atau kayu, yang berlekuk mengikuti potongan bahu kemeja. Hanger ini menjaga bentuk kemeja dan juga bebas kusut. Terutama jika lemari bahu Anda juga mempunyai ruang untuk bagian siku. Kemeja harus digantung dengan kancing sampai ke atas untuk menjaga bentuk kerah.

Di dalam dunia yang sempurna, lemari baju akan seperti yang kita lihat dalam iklan majalah. Diisi dengan hanger yang terbuat dari kayu yang estetik dan lebih tahan lama dibanding hanger plastik. Dan semua garmen tergantung rapi pada hanger yang tepat. namun, kita tidak hidup di dunia yang sempurna. Hanya saja, jika Anda ingin busana Anda tetap terawat, Anda akan  melihat perbedaan nyata dengan pilihan hanger yang tepat. Baju akan lebih awet dan bentuknya tampak lebih indah.

credit image:  www.spectrum-paint.com
                     www.lunarfurniture.com