Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Tips Memilih Souvenir Pernikahan

Salah satu hal yang membuat pusing bagi para calon pengantin adalah memilih souvenir untuk para tamu yang hadir pada resepsi pernikahan. Sudah menjadi hal yang umum bahkan bisa dibilang sebagai tradisi, setiap tamu yang hadir pulang dengan membawa souvenir sebagai tanda terima kasih pengantin atas kehadiran tamu-tamunya. Hal yang membuat pusing bagi calon pengantin adalah bila dihubungkan dengan pemilihan souvenir yang tepat yang sesuai dengan tema pernikahan dan tentunya sesuai dengan anggaran.

Read more: Tips Memilih Souvenir...

Seserahan Untuk Pengantin

Dalam sebuah pernikahan, hantaran pernikahan atau yang sering disebut dengan seserahan merupakan sesuatu  yang sangat dinantikan, terutama oleh sang calon pengantin wanita.  Seserahan bisa diartikan sebagai hadiah dari pihak keluarga pria kepada keluarga wanita.

Isi seserahan memang bisa berbeda-beda untuk setiap daerah di Indonesia karena biasanya ada pakem-pakem tersendiri yang harus diikuti. Akan tetapi, jaman sekarang banyak calon pengantin yang memilih untuk tidak mengikuti adat dan memilih isi seserahan yang lebih bisa mereka pakai sehari-hari.

Menurut adat istiadat masyarakat Jawa, seserahan pernikahan biasa diserahkan pada malam midodareni. Sedangkan untuk adat istiadat masyarakat Sunda, seserahan pernikahan tersebut diserahkan pada saat ngeuyeuh seureuh. Namun, sebagian besar masyarakat juga biasa menyerahkan seserahan  pernikahan pada saat akad nikah. Bagi penganut adat Jawa, barang seserahan pernikahan yang wajib diberikan adalah pakaian bagi wanita mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pakaian ini bisa disimbolkan dengan kebaya beserta kain bawahan.

Sebelum menyiapkan seserahan pernikahan, ada baiknya Anda membuat daftar barang-barang yang akan dibeli sebagai seserahan pernikahan. Hal ini bisa digunakan sebagai satu cara untuk menentukan budget Anda serta untuk menentukan kapan Anda mulai membeli seserahan pernikahan tersebut. Dalam adat Jawa, seserahan pernikahan sebaiknya diberikan dalam jumlah ganjil. Sedangkan jumlah seserahan pernikahan yang ditentukan itu tergantung dari kesepakatan bersama.

Ketika membeli barang-barang seserahan pernikahan, sebaiknya mempelai wanita ikut hadir. Mengapa demikian? Seserahan adalah barang-barang yang akan diberikan untuk pihak wanita, maka sebaiknya barang-barang seserahan yang dibeli juga sesuai dengan selera dan pilihan mempelai wanita. Jangan lupa untuk membeli kotak/wadah seserahan pernikahan yang sesuai dengan pilihan Anda.

Read more: Seserahan Untuk...

KISAH KESETIAAN SEORANG SUAMI

Eko Pratomo Suyatno, namanya sering muncul di koran, televisi, di buku-buku investasi dan keuangan. Dialah salah seorang dibalik kemajuan industri Reksadana di Indonesia dan juga direktur dari Fortis Asset Management yang sangat terkenal di kalangan Pasar Modal dan Investment.

Dalam posisinya seperti sekarang ini, boleh jadi kita beranggapan bahwa pria ini pasti super sibuk dengan segudang jadwal padat. Tapi dalam note ini saya tidak akan menyoroti kesuksesan beliau sebagai eksekutif. Karena ada sisi kesehariannya yang luar biasa! Usianya sudah tidak terbilang muda lagi, 60 tahun. Orang bilang sudah senja bahkan sudah mendekati malam, tapi Pak Suyatno masih bersemangat merawat istrinya yang sedang sakit. Mereka menikah sudah lebih 32 tahun. Dikaruniai 4 orang anak.

Read more: KISAH KESETIAAN SEORANG...