Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Bila Anda diberi pertanyaan, hadiah ulang tahun perkawinan apakah yang ingin Anda dapatkan dari suami Anda? Mungkin akan muncul bermacam jawaban. Ada yang tidak mengharapkan apa-apa, hanya mengharapkan kesetiaan dari sang suami. Mungkin ada yang mengharapkan sekuntum bunga dari suami untuk menunjukkan keromantisannya. Dan masih banyak lagi yang lain. Tapi, bagaimana jika Anda diberi sebuah perhiasan bertahtakan berlian? Wah, pasti tidak akan menolak. Betul?
Selama ini, berlian dijadikan sebagai simbol keabadian cinta. Keindahan berlian yang tidak pernah luntur oleh zaman, dapat dijadikan sebagai simbol akan keabadian dan besarnya cinta. Maka tidak salah jika ada pernyataan yang mengatakan "Cinta dan perkawinan seyogyanya bagaikan sebuah berlian".
Dengan memberikan perhiasan bertahtakan berlian, sang suami ingin menunjukkan kepada istrinya, bahwa tanpa harus mengucapkan kalimat cinta setiap hari, dengan berlian itu dia berharap istrinya mengetahui bahwa ia akan mencintainya untuk selamanya. Walaupun kebanyakan istri menyukai hal itu, tapi sang istri masih membutuhkan kata cinta keluar dari mulut sang suami. Setuju?

Nah, untuk para suami yang ingin memberikan kado perhiasan bertahtakan berlian, berikut ini ada beberapa tip agar Anda dapat memilihkan berlian yang tepat untuk istri Anda

Ada 4 faktor penentu nilai berlian.
Dewasa ini berlian dinilai berdasarkan 4 faktor utama, istilah teknisnya adalah 4C yang terdiri dari:


* Karat (carat weight).
Seperti permata lainnya, berat berlian juga ukurannya dinyatakan dalam karat. Kata karat berasa dari satuan berat alami, yaitu biji pohon karob. Dulu berlian ditimbang berdasarkan biji-biji tersebut. Sistem ini kemudian dibakukan dan berat satu karat ditetapkan 0,2 gram (seperlima gram(. Satu karat dibagi dalam 100 point. Jadi berlian yang 25 point berarti memiliki berat seperempat karat atau 0,25 karat.

* Kejernihan (clarity)
Hampir semua berlian mengandung bekas karbon yang tidak mengkristal, namun kebanyakan sulit dilihat dengan mata telanjang. Bekas-bekas karbon ini disebut 'cacad'. Maka semakin sedikit cacad, semakin langka pula berlian itu.

* Warna (colour)
Berlian mampu menangkap semua spektrum warna, mulai dari kuning tersamar atau cokelat, sampai warna-warna yang langka bahkan 'tanpa warna'. Beberapa berlian langka berwarna alami yang disebut 'Fancies', misalnya berwarna hijau, merah muda, biru atau kuning gading.

* Irisan (cut)
Di antara faktor 4 C, irisan banyak dipengaruhi oleh tangan manusia, sedangkan tiga c lainnya dipengaruhi oleh alam. Irisan sangat menentukan kecemerlangan dan kemilau berlian.
Lalu apa yang harus Anda lakukan ketika Anda sudah memiliki berlian agar terlihat tetap cemerlang?
Berlian bukanlah benda yang murah, karena itu perlu pemeliharaan yang baik agar tetap selalu bersinar. Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari dan sebaiknya dilakukan. Apa itu?


Yang sebaiknya dihindari:
* Terkena lotion, bedak, dan sabun, karena akan mengurangi kecemerlangannya.

* Terkena bahan pemutih atau chlor karena dapar menimbulkan lubang-lubang kecil atau menyebabkan perubahan warna pada bingkai perhiasan tersebut.

* Meletakkan perhiasan di tepi bak cuci dapur karena mungkin saja bisa terjatuh ke dalam saringan air.
* Ada kemungkinan berlian tergores perhiasan lainnya, karena itu simpanlah perhiasan berlian dalam kotak berlapis kain yang mempunyai beberapa ruang, atau masing-masing perhiasan dibungkus sendiri-sendiri.
Yang sebaiknya dilakukan:
* Rendam berlian dalam air hangat dan
 deterjen ringan sambil menggosoknya perlahan-lahan dengan sikat halus. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk perlahan-lahan dengan kain flanel sampai kering.

* Untuk membersihakn berlian dapat juga digunakan larutan lemah berupa campuran air dan amoniak. Rendam dalam larutan ini sekitar 20 menit, lalu gosok dengan sikat halus, dan tepuk perlahan-lahan dengan kain flanel sampai kering
* Kini ada berbagai mesin ultrasonik yang dapat membersihkan berbagai perhiasan. Peralatan ini terdiri dari sebuah mesin dengan mangkuk besi yang harus diisi air dan deterjen. Ketika mesin dinyalakan, guncangan yang tinggi membuat gerakan pembersihan.
* Periksakan perhiasan berlian Anda setahun sekali untuk mengetahui apakah ada bingkai permata yang aus atau longgar.
Sumber: Majalah Femina