Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Pernahkah Anda hadir dalam sebuah pesta dengan dekorasi yang begitu menyatu dengan alam? Ditambah aksesori bernuansa etnik, suasana pesta mengingatkan kita akan keindahan alam semesta. Bagi mereka yang berselera seni tinggi, konsep pesta outdoor (luar ruangan) lebih memberi keleluasaan dalam mengapresiasikan cita rasa seni. Ruangan terbuka dan menyatu dengan alam adalah nilai plus tersendiri.

Salah satu ciri khas pesta outdoor adalah unsur etnik yang begitu kental. Unsur tersebut banyak diwujudkan dalam penataan taman dan furnitur. Nuansa outdoor yang menyatu dengan alam akan tampil maksimal jika dekorasi yang digunakan juga menyatu dengan alam. Salah satunya dengan meletakkan pelaminan gebyok atau saung di beberapa sudut.

Tema etnik sering dimodifikasi dengan unsur bebatuan alam, berbeda dengan dekorasi pesta indoor yang banyak menggunakan batu buatan. Gaya etnik didominasi batu-batu alam asli untuk menampilkan dekorasi yang benar-benar alami.

Waktu penyelenggaraan pesta harus diperhatikan. Bisa jadi hujan yang turun saat pesta akan sangat mengganggu tamu yang hadir. Pemakaian tenda bisa menjadi komponen tambahan dekorasi dengan menempatkannya di sebagian area kosong, sebagai antisipasi cuaca yang kurang bersahabat. Usahakan tenda dibuat seindah mungkin dan serapi mungkin. Pilih tenda yang sesuai dengan pesta baik dari segi penataan maupun warna.

Tidak hanya etnik tradisional nusantara yang bisa dipakai sebagai inspirasi dekorasi outdoor. Tema-tema etnik negara lain juga tak kalah menarik. Permainan kain warna-warna khas India atau penggunaan warna merah untuk pesta bernuansa etnik Cina bisa menambah kemeriahan resepsi Anda.

Selanjutnya, pencahayaan merupakan unsur penting dalam dekorasi pesta. Anda bisa memakai lampu tembak untuk penerangan di sekitar pelaminan. Sebagai pelengkap, tempatkan lampu taman untuk menambah indah suasana taman yang diciptakan. Pesta outdoor menjadi lebih indah jika diterangi cahaya remang-remang. Karena itu, pesta outdoor lebih banyak dilakukan pada malam hari saja.

Nuansa temaram juga dapat diciptakan dengan penempatan obor sepanjang jalan menuju lokasi pesta. Jika lokasi pesta berdekatan dengan kolam, Anda dapat menempatkan lilin di sekitarnya. Aura romantis akan terpancar lewat pantulan cahaya dari air kolam. Kesan etnik nan semarak juga bisa tercipta dari lampu lampion yang dibungkus kertas atau kain warna warni.

Diskusikan baik-baik tema dan keinginan Anda kepada penata dekorasi. Jangan sampai menghambur-hamburkan uang dengan sia-sia karena dekorasi pesta tidak sesuai dengan harapan. Dekorasi cantik menawan di hari pernikahan akan menjadi kenangan indah sepanjang masa.

Sumber: Majalah Anggun