Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Hal yang paling membuat ibu-ibu malas untuk memasak ikan lele adalah begitu sulit membersihkan lendir yang menempel di ikan tersebut. Sebenarnya ikan lele memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan memiliki banyak manfaat pula bagi kesehatan tubuh. Ikan lele merupakan sumber protein berharga yang murah meriah. Bahkan menurut beberapa peneliti, kandungan gizi ikan lele itu setara dengan kandungan gizi ikan salmon. Sehingga, jika kita makan ikan lele, maka tubuh akan mendapatkan banyak manfaat yang sama seperti yang diberikan oleh ikan salmon. 

Bila kita kesulitan untuk membersihkan lendir ikan lele, mungkin karena kita belum mempunyai pengetahuan bagaimana cara yang paling efektif untuk membersihkan lendirnya. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa tips bagaimana membersihkan lendir ikan lele dengan baik dan benar. Pilihlah yang mana yang menurut Anda anggap paling efektif dalam membersihkan lendir ikan lele.  Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

 

  • Pergunakan Cuka dan Garam
    Setelah ikan lele disiangi, rendam dalam baskom berisi air yang sudah dicampur cuka dan garam, selama 10 menit. Kemudian, bilas kembali dibawah air yang mengalir.
  • Rendam dalam air yang sudah dicampur dengan jeruk nipis dan garam
    Masukkan ikan lele yang sudah disiangi ke dalam wadah berisi air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Biarkan selama 10 menit, hingga lendir ikannya luntur. Bilas sampai bersih.
  • Garam, Asam Jawa, dan Bubuk Kunyit
    Lumuri ikan lele yang telah disiangi dengan campuran 1/2 sendok makan garam, 2 ruas ibu jari asam Jawa, serta 1/4 sendok teh bubuk kunyit yang diremas dengan kurang lebih 2-3 sendok makan air. Biarkan 10 menit, lalu bilas kembali dengan air.
  • Air Hangat
    Masak air hingga mendidih, lalu masukkan ke dalam baskom dan campur dengan air dingin sedikit, sehingga air terasa hangat-hangat kuku. Kemudian masukkan ikan lele yang telah disiangi ke dalam baskom, dan biarkan 10 - 15 menit. Lendir ikan lele akan terangkat dengan sendirinya. Setelah itu, baru ikan dibilas lagi.
  • Abu Gosok
    Sebelum disiangi, lumuri ikan lele dengan abu gosok yang biasa digunakan untuk mencuci peralatan masak, hingga seluruh permukaan tubuhnya tertutup. Lalu, gosok-gosok permukaan tubuhnya sampai lendir kulitnya luntur. Setelah lendirnya luntur, baru siangi ikan lele dan cucui dengan air mengalir.

Sumber: www.tribunnews.com