Arrow
Arrow
Shadow
Slider

BEDAK tentu tidak asing lagi bagi perempuan. Maklum , hampir setiap hari kaum perempuan tidak bisa dipisahkan dari bedak. 

Maklum, selain bisa mempercantik penampilan, bedak juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Tak heran bila setiap kali ke luar rumah, bedak kerap menjadi pengisi tas kaum perempuan.
Dikatakan dr Retno Iswari Tranggono SpKK, pada dasarnya bedak memiliki fungsi utama menyerap keringat. ”Tapi, secara lebih spesifik, bedak dengan beragam jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda,” ujar cosmetodermatologist yang juga founder PT Ristra Indolab itu kepada Cantiq.
Agar tidak muncul gangguan akibat penggunaan bedak, tentu pemilihannya harus sesuai dengan jenis kulit. Untuk itu, Retno menyarankan untuk mengenali jenis-jenis bedak yang dijual di pasaran lebih dahulu. Berikut ini di antaranya:

1. Body Talc

Body talc adalah bedak yang berbentuk bubuk. Bedak ini berwarna putih. Tapi, karena tidak ada variasi warna lainnya, menurut Retno, body talc dikatakan tidak berwarna.
Body talc digunakan sebagai bedak tubuh untuk menyerap keringat. ”Biasanya digunakan di seluruh tubuh, terutama di daerah lipatan yang sering berkeringat, seperti leherm ketiak, lipatan siku, pangkal paha, atau lipatan bagian belakang lutut. Cara pemakaiannya tinggal ditaburkan saja,” terang Retno.
Body talc seringkali ditemui pada bedak bayi dan bedak untuk pengobatan penyakit tertentu, seperti athlete’s foot, yaitu tumbuhnya jamur karena jari kaki terlalu lembab. ”Tapi, untuk mengobati athlete’s foot ada bedak khusus kok,” tambahnya.


2. Loose Powder

Seperti body talc, loose powder juga berupa bubuk, tapi tersedia dalam berbagai warna. ”Bedak yang sudah diberi warna biasanya sudah beralih fungsi menjadi riasan dekoratif atau kosmetik untuk wajah,” jelas Retno.
Bubuk loose powder lebih halus ketimbang body talc. Ini disesuaikan dengan pori-pori wajah yang lebih kecil dibanding pori-pori kulit tubuh.
Cara pemakaiannya juga hampir sama dengan body talc, yaitu ditaburkan. Karena itulah, disebut bedak tabur. ”Bedak tabur bisa menyerap minyak dengan baik, sehingga cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak,” ujar Retno.
Dalam penggunaannya, bedak tabur ini kurang praktis. Sebab, bentuknya yang bubuk menyebabkannya mudah jatuh atau rontok ke baju saat diaplikasikan pada wajah. Atau, bisa juga bertebaran ke mana-mana saat disimpan dalam tas.


3. Compact Powder

Bedak ini berbentuk padat sehingga disebut bedak padat. Bentuknya yang padat membuatnya mudah menyerap dan mengurangi minyak pada wajah dengan cepat. Karena itu, bedak padat sesuai untuk kulit berminyak.
Compact powder merupakan bedak yang berwarna, sehingga tergolong bedak kosmetik yang penggunaanya hanya di wajah bukan di tubuh.
Penggunaan bedak padat ini cukup praktis karena tidak ada bubuk yang rontok seperti pada bedak tabur.


4. Two Way Cake

Bedak ini juga berbentuk padat seperti compact powder. Yang membedakan adalah two way cake memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alas bedak (foundation) dan juga sebagai bedak yang bisa menyerap minyak seperti bedak tabur dan bedak padat.
Jika menggunakan spons basah, jenis bedak ini berfungsi sebagai foundation atau alas bedak. Tapi jika menggunakan spons kering, maka fungsinya hanya seperti bedak biasa saja.


5. Foundation

Foundation adalah alas bedak yang dipakai sebelum memakai bedak. Penggunaan alas bedak ini sangat menentukan hasil akhir riasan. Selain warna, juga perlu diperhatikan pemilihan jenisnya, seperti:
- Liquid Foundation
Liquid foundation adalah alas bedak yang berbentuk cair. Karena bentuknya yang cair, liquid foundation bisa menutup noda hitam di wajah dengan baik. Selain itu juga bisa menutup warna kulit yang tidak rata. Alas bedak jenis ini cocok untuk kulit berminyak.
- Cream Foundation
Alas bedak jenis ini digunakan untuk pemakaian yang lebih ’berat’ karena bisa menutupi kekurangan pada wajah wajah lebih sempurna. Cream foundation cocok digunakan untuk kulit kering.
- Compact Foundation
Alas bedak jenis ini bisa melembabkan kulit, sehingga cocok untuk kulit kering. Selain itu, bentuknya yang padat bisa digunakan untuk menyamarkan noda yang ada di wajah.
- Stick Foundation
Stick foundation cocok untuk kulit berminyak. Selain itu juga bisa untuk menutupi noda.*

 

sumber : Majalaj Cantiq