Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Salah satu unsur kecantikan wajah sering diidentikkan dengan mereka yang berhidung mancung. Harus diakui untuk perempuan Indonesia, kondisi tulang hidungnya tidak tinggi, sementara cupingnya cenderung melebar. Ini yang terkadang membuat resah karena merasa penampilannya tidak sempurna. Jangan heran kalau akhirnya antrian panjang untuk memancungkan hidung jadi pilihan kaum perempuan.

Sebenarnya, kelemahan atau kekurangan penampilan bisa disiasati jika kita mengerti dimana titik kelemahan wajah berada. Caranya, luangkan waktu sejenak di depan cermin. Perhatikan dengan seksama bagian mana yang menjadi titik paling menarik, lalu perhatikan juga bagian yang tidak menarik. untuk bagian yang paling menarik bisa lebih ditonjolkan, sedangkan bagian yang tidak menarik harus tetap menjadi perhatian dan penanganan dengan berbagai cara, sehingga secara keseluruhan penampilan wajah saling menunjang. alhasil, bagian yang tidak menarik pun bisa ditutupi.

Hidung yang kurang tinggi, atau justru melebar ke samping janganlah terlalu dirisaukan. Sudah saatnya kini tampil segar dengan senyum percaya diri. Untuk menampilkan kondisi hidung yang dianggap kurang menarik, kita perlu melakukan riasan yang tepat. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut tipsnya untuk Anda.

 

Gunakan shading dan highlight

Shading adalah trik untuk memberikan efek gelap sehingga memberi kesan dalam dan mengecilkan, sedangkan highlight adalah memberi efek terang yang mampu memberi kesan tinggi. Kedua warna tersebut bisa dipakai untuk menonjolkan atau mengurangi bagian yang dirasa kurang proporsional. Penerapan efek gelap shading dan efek terang highlight akan membantu memperbaiki bagian yang lebih atau kurang. Efek terang gelap dapat dimunculkan melalui dua tahap, yaitu pembentukan dengan menggunakan foundation, dan penyempurnaan dengan memanfaatkan bedak tabur.

Cara menggunakan

Pertama, sediakan foundation satu dua nada yang lebih gelap dari warna kulit untuk efek shading. Kedua, pilih foundation satu dua nada yang lebih terang dari warna kulit untuk efek highlight, ketiga, pilih spons yang berpori halus dan lembut (biasanya dari bahan latex). Oleskan foundation pada bagian-bagian yang ingin digelapkan atau diterangkan. kemudian, ratakan secara perlahan dengan spons. Hal yang umum sebelum berhias adalah kondisi wajah harus dlam keadaan bersih agar riasan dapat menempel dengan sempurna.

Penerapan shading dan highlight

Untuk yang bercuping besar:
  • shading : kanan dan kiri cuping, sedikit di sisi kanan bagian belakang
  • highlight : dioleskan sepanjang garis tengah tulang hidung
Untuk hidung dengan batang kecil
  • shading : kenakan sepanjang tepi luar batang hidung hingga batas sudut mata bagian dalam
  • highlight : sepanjang garis tengah tulang hidung
Untuk hidung batang panjang
  • shading : sepanjang tepi luar batang hidung
  • highlight : sepanjang garis tengah tulang hidung dan pangkal alis
Untuk hidung batang lebar
  • shading : sepanjang bagian kanan dan kiri batang hidung yang melebar
  • highlight : sepanjang garis tengah tulang hidung
Untuk batang pesek
  • shading : sepanjang kanan dan kiri batang hidung. pangkal alis dapat dibentuk agak tinggi dan dekat untuk memberi kesan panjang pada batang hidung.
  • highlight : sepanjang gris tengah tulang hidung
Untuk batang bengkok
  • shading : sepanjang kanan dan kiri batang hidung. Fokuskan pada bagian tulang hidung yang posisinya miring
  • highlight : titik perhatian pada ujung hidung dan bagian yang cekung

Diambil dari Majalah Paras