Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Eyeliner atau garis mata, menarik perhatian ke mata Anda dan membuat mata tampak lebih besar. Selain menegaskan mata, eyeliner juga membuat riasan wajah tampak rapi tanpa membuat riasan jadi terlalu mencolok. Dengan banyaknya jenis eyeliner, Anda mungkin bingung mau pilih yang mana. Berikut, beberapa tipsnya.

  • Coba liner di punggung tangan. Cermati warna dan rasakan aplikatornya karena masing-masing jenis berbeda. Jika tak bisa mencobanya di counter, pilih salah satu dan beli lalu tanya pada konsultan tentang cara menggunakannya. Jangan pernah mencoba menggunakan tester langsung ke mata, kecuali jika Anda punya aplikator yang baru.
  • Garisi mata mulai dari sudut luar ke sudut dalam. Tempat yang pertama kali digarisi itulah yang terdeposit paling banyak cairan eyeliner dan Anda pasti menginginkannya pada sudut luar mata. Tahan mata Anda dengan jari agar warna masuk ke pangkal bulu mata sehingga tidak ada ruang yang kosong di antara bulu-bulu mata.
  • Menggarisi hanya kelopak mata atas saja, sehingga menghasilkan riasan yang paling cantik dan klasik. Tarik liner agak ke luar sudut mata luar (agar mata terkesan lebih terbuka). Kebanyakan perempuan dapat mengenakan liner warna coklat sedang sampai tua. Sedangkan untuk riasan malam hari, yang paling baik adalah liner warna hitam.
  • Jika menggunakan eyeliner cair, pejamkan mata sebentar agar cairan mengering sehingga tidak cemong. Selalu siapkan kapas berpucuk agar bisa dibersihkan secepat mungkin jika terjadi kesalahan.

 

 

Cara membuat eyeliner

  • Siapkan kulit di sekitar mata Anda. Untuk menutupi pembuluh darah dan mencegah lipatan, oleskan sedikit concealrt, alas bedak creamy, atau bedak translucent pada kelopak mata atas dan bawah dengan menggunakan sponge atau ujung jari. Baurkan dengan baik sehingga liner dapat merata. Lentikkan bulu mata sebelum membuat garis. Jika dilentikkan sesudahnya, Anda akan merusak garis yang sudah dibuat.
  • Buat garis menurut bentuk mata Anda. Jika mata Anda berdekatan, buat garis hanya pada sudut luar. Atau garisi seluruh kelopak mata atas. Pastikan tidak tampak kulit diantara kelopak mata daan akar bulu mata. Untuk membuat mata tampak lebih besar, perpanjang garis sampai di luar sudut luar mata.
  • Oleskan perona mata bubuk di atas garis untuk menciptakan kesan lembut dan agar liner tidak luntur. Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih ringan dan lebih alamiah, tinggalkan perona mata. Cukup gunakan sponge tip untuk membaurkan garis.


Tip memilih pensil eyeliner

  • Sulit menemukan pensil eyeliner yang sempurna. Kalau bukan terlalu keras, sampai kulit terasa perih tergores, atau terlalulembek, sampai tidak bisa digunakan karena ujungnya melengkung saat digoreskan. Berikut, beberapa tipsnya.
  • Jangan meraut pensil eyeliner sampai runcing. Pensil berujung runcing berbahaya dan menghasilkan goresan garis yang terlalu tipis. Jika pensil Anda terlanjur terlalu runcing, tumpulkan dengan digoreskan pada punggung tangan sebelum menggarisi mata Anda.
  • Untuk pensil yang terlalu lembek, coba simpan terlebih dahulu di freezer sebelum diraut. Suhu dingin akan mengeraskan pensil.
  • Untuk pensil yang terlalu keras, lembutkan dengan panas tubuh. Goreskan ujung pensil pada punggung tangan, sama seperti yang kita lakukan jika pensil terlalu runcing. Jika masih terlalu keras juga, alih fungsikann sebagai pensil alis, dan beli pensil eyeliner yang baru.
  • Jika Anda tidak tahan dengan goresan di dekat mata (mata menjadi sering berkedip), coba gunakan kuas eyeliner. Basahi sedikit lalu celupkan ke perona mata bubuk lalu garisi mata Anda.

Source image : youtube.com