Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Sumatera Barat merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dan terletak di sepanjang pesisir barat pulau Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Provinsi yang beribukota di kota Pandang ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Sumatera Barat memiliki hampir semua jenis objek wisata alam seperti laut, pantai, danau, gunung, dan ngarai. Berikut destinasi wisata yang bisa dikunjungi!

1. Lobang Jepang.

Lobang Jepang berada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Jam Gadang yang berada di pusat kota. Jika jalan kaki hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit.

2. Jam Gadang.

Jam Gadang adalah nama untuk menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang, sebutan bahasa Minangkabau yang berarti "jam besar".

3. Pantai Padang.

Berlokasi di pusat kota Padang, Pantai Padang sangatlah mudah untuk dicapai sehingga selalu dipadati oleh warga kota Padang yang ingin menyegarkan pikiran dari segala rutinitas sehari-hari. Di pantai ini terdapat area bermain anak-anak sehingga sangat cocok untuk keluarga yang mempunyai anak kecil.

4. Pantai Gandoriah.

Pantai Gondoriah merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan tradisi tabuiknya yang dilakukan setiap bulan muharram. Pantai Gondoriah terletak di Pariaman, Sumatera Barat.

5. Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai.

Pulau Siberut adalah salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai adalah gugusan pulau-pulau yang secara geografis terletak di Samudera Hindia dan secara administratif masuk ke dalam provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kepulauan Mentawai berada di sisi barat provinsi Sumatera barat. Penduduk asli Mentawai mempunyai kebudayaan yang berbeda dengan penduduk Minangkabau karena tepisah oleh laut.

6. Puncak Bukit Langkisau, Pesisir Selatan.

Bukit Langkisau terletak di Pesisir Selatan, menjadi salah satu objek wisata di Sumatera Barat yang tidak boleh anda lewatkan. Disini anda bisa menikmati fasilitas seperti paralayang dan flying fox.

7. Pantai Carocok, Painan.

Pantai Carocok ini terletak disebelah barat kota Painan, berjarak kira-kira 2 km dari Pasar Painan. Disini, anda bisa menikmati aneka permaianan seperti jetski, bananan boat, flying fox dan lain sebagainya.

8. Danau Maninjau

Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

9. Air Terjun Lembah Anai.

Lembah Anai adalah salah satu air terjun yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Orang Padang biasa memanggilnya dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun ini berketinggian sekitar 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai.

Ada 3 air terjun di lokasi ini, salah satunya di antaranya terletak di pinggir jalan yang sering dikenal dengan Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Wisatawan yang ingin menyaksikan dua air terjun tersebut dapat menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai.

Tak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat aliran sungai besar berbatu yg mengalir air yang jernih. Di atas sungai tersebut melintas jembatan rel kereta api peninggalan Belanda.

Terletak tepat di pinggir jalan raya trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Tinggi, tepatnya di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat.

10. Istano Basa / Pagaruyung.
Istano Basa yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan objek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.

Istano Basa yang berdiri sekarang sebenarnya adalah replika dari yang asli. Istano Basa asli terletak di atas bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966.

Proses pembangunan kembali Istano Basa dilakukan dengan peletakan tunggak tuo (tiang utama) pada 27 Desember 1976 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu, Harun Zain. Bangunan baru ini tidak didirikan di tapak istana lama, tetapi di lokasi baru di sebelah selatannya.[1]. Pada akhir 1970-an, istana ini telah bisa dikunjungi oleh umum.

11. Danau Singkarak.
Danau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang di dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Namun sebahagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman.

12. Lembah Harau

Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter. Lembah Harau dilingkungi batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang.

13. Pantai Aie Manih / Pantai Air Manis.

Pantai Air Manis terletak di Kecamatan Teluk Kabung, Kabupaten Padang, Sumatera Barat atau berjarak sekitar lima belas kilometer dari pusat kota Padang. Selain memiliki panorama yang indah, ombak di pantai ini juga tidak terlalu tinggi.

14. Pulau Cubadak.

Pulau Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil yang terletak di lepas pantai Sumatera Barat, tepat nya di jarak 24 mil lepas pantai Padang. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 5.749 km persegi. Pulau ini bisa dikatakan masih sangat alami, menurut cerita masyarakat sekitar pulau ini dahulu adalah bekas kawah dengan luas kurang lebih 40 km persegi. Oleh karena itu di pulau Cubadak ini masih belum dihuni oleh penduduk. Dalam bahasa Minang, kata cubadak mempunyai arti nangka.

15. Pulau Setan.

Biru laut, pasir pantai, dan keheningan pulau yang tak berpenghuni ini akan menemani wisatawan yang berkunjung ke Pulau Setan. Dengan ombak yang kecil, wisatawan dapat berenang di sekitar tepi laut. Jika tidak ingin berenang, mengelilingi pulau juga menjadi salah satu pilihan kegiatan yang dapat dilakukan.

Pulau Setan terletak di sebelah barat Sungai Pisang dan di sebelah timur Pulau Pasumpahan. Wisatawan dapat menuju Pulau Setan dengan menempuh perjalanan laut dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan. Perahu-perahu di TPI Carocok Tarusan siap mengantarkan menuju Pulau Setan dengan tarif pergi pulang (PP) Rp 20.000/orang.

16. Pulau Sikuai.

Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatera. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal, melalui pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari dermaga Airud Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit.

17. Air Terjun Nyarai.

Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

18. Pulau Pasumpahan.

Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau yang berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Klaim akan keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional.

Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki objek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga.

19. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok di Bukit Tinggi, yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ngarai Sianok merupakan sebuah jurang yang berkelok dengan kedalaman jurangnya sekitar 100 m dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m.

credit image : www.pegipegi.com
sp.beritasatu.com