Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Jawa Timur selain memiliki banyak pantai yang indah, juga dikaruniai dengan pesona gunung yang sangat memukau. Apalagi bagi kamu pecinta alam yang sangat hobi naik gunung, menjelajahi gunung-gunung yang ada di Jawa Timur bisa menjadi hal yang sangat menarik sekaligus menantang. Selain dapat menikmati keindahan alamnya, juga merasa terpuaskan bila dapat menaklukkan gunung-gunung tersebut. Nah, berikut ini daftar gunung-gunung yang sangat layak kamu kunjungi

Gunung Bromo

Ketinggian gunung Bromo mencapai 2.392 mdpl.
Gunung Bromo terletak di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.
Gunung Bromo mungkin memang tergolong mainstream di kalangan wisatawan dan pendaki, soalnya Gunung ini memang minim tantangan; sangat mudah untuk melongok kawahnya atau menikmati panoramanya saat matahari terbit di Bukit Pananjakan. Tapi, justru itulah Bromo disukai; karena gunung ini, semua orang bisa menikmati panorama gunung berapi, salah satu panorama luar biasa yang ditawarkan alam kepada kita.

Gunung Ijen

Ketinggian kawah ijen mencapai 2.443 mdpl
Kawasan Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen terletak di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.
Di kawah ijen ini terdapat Blue fire yang hanya ada 2 di dunia yaitu di Indonesia dan di Islandia. wow! yuuuk kesini!

Gunung Kelud

Ketinggian gunung kelud mencapai 1.731.
Gunung Kelud terletak di perbatasan Kediri dan Blitar.
Walaupun tidak terlalu tinggi tapi gunung Kelud ini menawarkan pesona yang cantik juga loh. yuk kesini!

Gunung Arjuno dan Gunung Welirang

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Mojokerto, ada dua puncak gunung yang bisa kamu jamahi sekaligus, yaitu Gunung Arjuno (3.339 mdpl) dan Gunung Welirang (3.156 mdpl). Kedua gunung ini memang bersebelahan, apalagi puncak Arjuno berada di satu punggungan yang sama dengan Welirang.

Ada empat jalur yang bisa kamu lalui untuk menjamahi kedua gunung ini, yaitu jalur Tretes, Lawang, Purwosari, dan dari kota Batu. Tiap jalur punya daya tariknya sendiri. Tretes, misalnya. Meski jalur ini berat, tapi punya sumber air yang melimpah. Terlebih, kamu juga bisa berjumpa dengan para penambang belerang Gunung Welirang.

Gunung Penanggungan

Ketinggian gunung penanggungan mencapai 1.653 mdpl
Walaupun tidak terlalu tinggi tapi gunung ini memiliki sejarah yang luar biasa loh karena terdapat candi budha dan hindu. yuk kesini!

Gunung Raung

Ketinggian Gunung Raung mencapai 3.332 mdpl
Jika kamu ingin ke Gunung Raung kamu harus mendaki dengan jarak 17km melalui medan yang sebagian besar berupa batu terjal. Berani kesini?

Gunung Suket

Ketinggian Gunung Suket mencapai 2.950 mdpl
Gunung Suket terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Kalau kamu berani coba deh mendaki gunung ini. selain asik kamu juga bisa menikmati alam yang indah!

Gunung Argopuro

Ketinggian gunung argopuro memiliki ketinggian 3.088mdpl
Gunung argopuro terletak di Probolingo, Jawa Timur.
Di semeru ada ranukumbolo, nah di Argopuro ada danau taman hidup yang cantik banget!

Gunung Lawu

ketinggian Gunung Lawu mencapai 3.265 mdpl
Gunung Lwu terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah
Gunung ini memiliki jalan atau medan yang tidak sulit. karena banyak ang yang datang untuk berxiarah. jadi untuk kamu yang mau naik gunung dengan medan yang tidak terlalu sulit kamu bsa nih coba ke gunung lawu!

Gunung Semeru

Ketinggian Gunung Semeru mencapai 3.676 mdpl
Gunung ini terkenal akibat film 5cm. dan gunung Semeru memiliki danau yaitu Ranukumboo. kamu bisa melihat hangat nya matahari terbit loh dari situ. asik ya?

credit image: www.sisidunia.com