Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Sapporo merupakan ibu kota Prefektur Hokkaido, Jepang. Kota ini berada di Subprefektur Ishikari, Hokkaido, dan merupakan kota berpenduduk terbanyak nomor empat di Jepang, setelah Yokohama, Osaka, dan Nagoya. Sapporo terletak di bagian barat daya Dataran Ishikari dan kipas aluvial Sungai Toyohira yang berasal dari aliran Sungai Ishikari. Di bagian barat dan selatan Sapporo terdapat sejumlah gunung, termasuk Gunung Teine, Gunung Maruyama, dan Gunung Moiwa, serta sungai-sungai, termasuk Sungai Ishikari, Sungai Toyohira, dan Sungai Sōsei. Bukan hanya itu saja, Sapporo juga merupakan kota taman, karena di sana terdapat banyak taman termasuk di antaranya Taman Odori yang berada di pusat kota. Di Taman Odori diadakan acara tahunan dan berbagai festival sepanjang tahunnya. Sudah bisa dibayangkan betapa indahnya kota Sapporo. Membuat Anda penasaran untuk mengunjunginya.

Nah, mungkin Anda ingin sekali mengunjungi Sapporo dalam waktu dekat, dan Anda hanya mempunyai waktu sekitar 3 hari. Apa yang harus Anda lakukan? Anda sebaiknya menyimak perjalanan wisata Oka Mukti, seseorang yang sering melakukan perjalanan wisata ke luar negeri, pada saat beliau sedang berwisata ke Sapporo. Mungkin dari catatan perjalanan ini bisa menginspirasi Anda ketika Anda ingin berwisata ke Sapporo.

Ini adalah itin untuk berlibur di Sapporo selama 3 hari saja, mungkin bisa juga dibaca buat temen temen yang ingin jalan kesana juga saat libur musim dingin ini namun tidak memiliki banyak waktu.

HARI 1 :

Tiba titip koper di hotel → CURB MARKET (Seafood Resto and Market Street) → ODORI PARK → SAPPORO FACTORY (DINNER) → Checkin hotel and rest.

CURB MARKET:
Curb Market (札幌場外市場, Sapporo Jōgai Ichiba) berisikan lebih dari 80 toko dan restaurant memanjang sepanjang beberapa blok sekitar pasar induk Sapporo's Central Wholesale Market. Salah satu pasar terbesar di pusat kota, the Curb Market ini mengkhususkan menjual aneka macam produk hasil laut (seafood) Hokkaido seafood seperti kepiting Kutub (Alaskan Crab), Uur ubur, ikan salmon roe, cumi cumi dan aneka kerang kerangan, disana juga dijual hasil alami dari produk pertanian lokal misal jagung, melon dan berbagai macam kentang saat msimnya. Kenapa saya dahulukan ke sini?
Karena di pasar ini kita bisa beli kepiting Hokkaido yg raksasa bisa langusng dimasak dan dinikmati, gak hanya kepiting saja , juga hasil laut lainnya bisa langudng dinikmati. Kepiting ini tidak ada di Negara Tropis dan rasanya aduhhhhh Yummy,, manis banget, harganya sangat nyaman di dompet, 1 ekor kepitng bisa buat 4 orang saking besarnya. Seperti seafood markets lainnya di semua wilaah Jepang , kita bisa mendapatkan pengalaman terbaik untuk bisa menikmati hasil laut yang segar disajikan diatas nasi panas (domburi) di banyak rsto disini.

MENUJU KESANA:
The Curb Market dapat ditempuh 10 menit jalan kaki baik dari JR Soen Station (3 menit, 170 yen dari JR Sapporo Station) atau Nijuyonken Subway Station (10 menit, 240 yen dari Odori Station). Alamat: North 11, West 21. Semua toko biasanya buka mulai dari 6:00 sd 17:00 (restaurants dari 7:00)

ODORI PARK :
Odori Park (大通公園, Ōdōri Kōen) artinya adalah jalan lebar dengan galangan di tengahnya yg disebut Odori ("large street") di pusat kota fSapporo, Membelah dan memisahkan 2 bagian kota dari Utara ke Selatan.Taman ini membentangsepanjang beberapa KM, 6 blok bagian kota dan memebrikan pemandangan ruangan Hijau saaat diluar musim dingin. Pada Awal bulan Februari , taman ini menyajikan salah satu festival salju terbesar di dunia yang terkenal dengan Sapporo Snow Festival. Diikuti oleh banyak negara. Nah makanya kenapa saya kesini saat Winter ini, salah satunya ini festival.
Di bagian ujung timur Taman Odori berdiri the Sapporo TV Tower, dimana kita bisa menyaksikan pemandangan kota Sapporo dan pemnadanagn taman odori dari observatory deck . The tower ini tingginya kurang dari 150 meter dan observatory deck berada di ketinggian 90 meters. Saat petang dan malam tiba, Tower ini akan berubah ubah warna illuminasi, menjadikan ini sebagai landamark atraksi malam di Sapporo.

MENUJU KESANA:
Odori Park terletak persis sebelah Odori Subway Station atau sepuluh menit berjalan kaki ke arah selatan dari JR Sapporo Station. Semua dari 3 lines Sapporo's subway lines menyatu di Odori Subway Station. Sangat mudah.

SAPPORO FACTORY:
Sapporo Factory adalah sebuah tempat perbelanjaan dan komplek hiburan yang dibuka pada tahun 1993 di pusat kota lSapporo. Ada lebih dari 160 gerai : Fashion, souvenir shops, restaurant, cafe dan komplek bisokop multi-screen movie theater. Grai Gerai terpusat di sekitaran komplek dengan lima lantai ini dan terpusat di Atrium di tengahnya yang menyajikan nuansa lega dan segar bagi oengunjungnya.
Sapporo Factory sebelumnya adalah sebuah bangunan dari pabrik bir di japan ( Japan's first beer brewery), dan komlek ni masih kita bisa saksikan dinding batu bata merah di dindingnya serta bentangan baja yang asli, dan in menunjukan masa awal bangunan modern di Hokkaido awal tahun 1800, sangat indah . Masih ada satu lokasi kecil pembuatan bir disini, dan kita bisa menikmatinya lasngung dari bir yang dibuat tersebut. Karena diluar dingin, saya stopby disini dan menikmati coklat panas dan sedikit window shopping.

HARI 2 :

SEPANJANG HARI SKI ACTIVITY @SAPPORO TEINE SKI RESORT → DINNER @SUSUKINO AREA → Back to hotel and rest.
SAPPORO TEINE SKI RESORT (Musim : Akhir Nov- Awal May)
Sapporo Teine (サッポロテイネ) adalah merupakan salah satu ski resort terbesar dainatara beberapa ski resorts ukuran medium di sekitaran f Sapporo. Hanya 40 menit keluar dari pusat kota ,resort ini menyediakan banyak variasi permainan ski dari yang lebar dan panjang , menuruni dengan landai ke dasar lembah Teine, yang meruapakan slow track, ada juga fast track dan ini adalah track yang dibangun khusus menyambut dan digunakan saat 1972 Sapporo Winter Olympics. Lambang olimpiade Sapporo ini masih berdiri tegak di atas resort ini jadi sebuah monument kenag kenangan manis masa lalu, dari sini kita bisa melihat lautan Jepang di kejauhan nan indah
Sapporo Teine's tebagi dalam dua section dan dihubungkan dengan gondola atau kerete duduk gantung dan panjang jalur ski nya 6 km, bayangkan betapa panjang nya track ski disni.. yipppiiiiiiii... . Bagian atas area ski ini berada di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut khusus untuk para pe ski yang ingin berlatih ski menengah dan mahir , diujung track ski, kita bisa masuk taman salju dengan banyak permainan misal bola salju, pelrorotan salju dll. Ke bagian paling bawah lagi ada rail khusus untuk para pemula, nah disinlah banyak yang ngomong dan terikam pake bahasa Indoensia dan jawa, hmmm Orang sekampung nih sedang belajar ski . Saya seharian disini.. main saljuuuuuuu....

Tickets
Full day
9:00 to 17:00, 4900 yen

Half day
4 hour pass, 3600 Yen
6 hour pass, 4000 yen

Nigther
16:00 to 21:00, 1900 yen

Sewa alat ski dan perlengkapannya:
Ski 5100 Yen
board 5100 yen
nighter clothes 3900 yen

MENUJU KESANA:
Dengan kereta
ambbilah salah satu JR trains anatara Sapporo dan Teine Stations (10-15 menit, 260 yen sekali jalan). Di Teine Station ganti dengan JR bus (nomor 70) menuju ke Teine Highland dan turunlah di ski resort (30 mienit, 390 yen sekali). Bus bus ini berangkat dari bus stop nomorr 3 di pintu keluar selatan Teine Station. Baik kereta dan bus dicover oleh Japan Rail Pass (JR PASS)
Degan Bus
Ada bus langsung menuju kesini dari beberapa hotel di pusat kota sapporo menuju Teine Ski Resort dari awal December sd akhir March. Perjalanan ditempuh dalam waktu 35-50 menit, dan tiket pp nya adalah 6700 yen sdh termasuk tiket menikmati resort selama 7. Reservas sangat dianjurkan setidaknya satu hari dimuka.

SASUKINO AREA (DINNER):
Susukino iadalah distrik hiburan terbesar disini banyak sekali bars,restaurants, karaoke shops, pachinko parlors dan juga ada daerah lampu merahnya (red light) . Disini ada satu rest ramen terkenal bagi para pecinta ramen namanya Ramen Yokocho, sebuha resto ramen kecil dan sempit namun terkenal disajikan dengan bumbu khas Sapporo nan kental dan panas (non halal) . Di bulan February , Susukino merupakan salah satu area untuk perhelatan Snow Festival, dan sbg tuan rumah kompetisi berbagai macam rupa dari salju. Saya hanya makan udon, ningkrong ngopi dan cabut ke hotel, capung pisan, tulang punggung sakit habis ski.

HARI 3 :

ASAHIKAWA ZOO PENGUIN → CHOCLATE FACTORY → Persiapan kembali ke TOKYO

ASAHIKAWA ZOO (PENGUIN WALK) :
Asahiyama Zoo (旭山動物園, Asahiyama Dōbutsuen) adalah taman hewani sangat terkenal di Sapporo, treletak di luar pusat kota l Asahikawa City di tengah pulau Hokkaido. Disini terkenal karena pengunjung bisa melihat, memperhatikan dan berinteraksi langusng dengan berbagai macam jenis hewan berepa hewan malah ada hewan unik yang hanya da di Asahiyama Zoo.
Disini juga ada terowongan di bawah kolam burung penguin, dimana kita bisa melihat sang penguin terbang melesat dalam air , dan juga ada kolam kecil dimana kita bisa menyaksikan beruang kutub dan serigala kutub disana, tentu saja berdinding kaca agar aman. Kebun binatang inni juga adalah kebun binatang pertama yg membebaskan penguin berbaris eksis di depan pengunjung saat musim dingin, ini dia yang aku cariii tadaaaaa. Lucuuuuu banget.. mereka imut sekali polos dan kelihatan smart .
Binatang bianatang yg ditampilkan disini termasuk binatang asli Pulau Hokkaido , ada menjangan, elang , serigala, juga binatang lain dari seluruh belahan dunia .
Entrance fee : 860Yen

MENUJU KESANA:
DARI ASAKAWA STATION
Ambil Bus
Nomor 41, 42 atau 47 dari Asahikawa Station ke Asahiyama Zoo. Sekali jalan membutuhkan waktu 40 menit dengan biaya 440 yen. Ada 2 keberangkatan Bus tiap jamnya..
Deangan taksi (Mahal),
kebun binatang ini bisa dicapai dari pusat kota Asahikawa sekitar setengah jam. Ongkos taxi sekitaran 3000-4000 yen sekali jalan.
Stasiun paling dekat dengan kebun binatang adalah Kitahinode Station, sekitar 30-40 menit lagi jalan kaki ke kebun bisanatang.

CHOCOLATE FACTORY:
Taman Shiroi Koibito meruapakn taman thematik yg dibangun oleh Ishiya, sebuah perusahaan atau pabrik lokal yang memproduksi coklat. Perusahahan ini terkenal dengan produk coklat dengan merk Shiroi Koibito cookie, dimana pengana ini adalah dua lapis tipis butter cookies ditengahnya ada jelas coklat putih, yummyyyy pisan . Dan ini adalah salah satu souvenir untuk oleh oleh yang paling trekenal dari Hokkaido.
Taman ini bisa dimasuki dengan cuma cuma juga berisi gerai, restaurant dan cafe, dan juga kita bisa masuk area pabrik coklat dengan membayar tiket masuk ke area dimana kita bisa menyaksikan langsung proses pembuatan coklat dan cookies ini di dalam pabriknya. Daaannn kita juga bisa ikut membuat cookies dengan gaya kita di dalamnya, seru kaaannnn. Saya sih beli cookies dan minum ciklat oanas disini dan juga ngeceng cewe jepang yang aduhai sok sok pemalu gitu.

MENUJU KESANA:
Ambillah Tozai Subway Line ke Miyanosawa Station (15 menit, 280 yen, berangkat dengan rutin dari Odori Station), dimana taman ini bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 10 menit .

CARA TRANSPORTASI TERMURAH UNTUK MENGITARI SAPPORO
Kita bisa menggunakan cara termurah untuk transportasi selama di Sapporo , Gunakan LOOP 88 BUS LINE. Bus ini akan mengunjungi banyak spot objek wisata yang disukai turis seperti
①Sapporo Bear Garden
⑤Sapporo Factory
⑥Bus Center
⑦Odori Park
⑧Sapporo Clock Tower
⑩JR Sapporo Station(or Tokyu Dept. Store south exit)
⑭Sapporo Factory
Ticket sekali jalan 200yen(100 anak)
atau Oneday Ticket 750yen(380 anak)
Sekali putaran mengambil waktu 31menit
Bus berangkat setiap 20 menit
Ayooo main ski......

Oleh: Oka Mukti (Backpacker Internasional)

credit image: tribunnews.com