Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Jika sebelumnya kita sudah jalan-jalan ke beberapa negara di Asia, kini saatnya kita berwisata ke negara kincir angin atau negara tulip, yaitu Belanda, tepatnya kita akan mengunjungi Zaanse Schans.

Zaanse Schans adalah salah satu spot turis yang wajib dikunjungi jika di Belanda, sebuah desa yang terletak di Zaandam, North Holland memiliki pemandangan ala pedesaan nan Indah. Tempat ini menjadi salah tempat wisata terkenal di Belanda yang dikunjungi kurang lebih 900 ribu orang pertahun. Daya tarik utama tempat ini adalah kincir angin tradisional Belanda. Kincir angin yang terkenal dengan sebutan molen ini masih berfungsi disini.

Berkunjung ke Zaanse Schans, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah khas pedesaan Belanda yang memiliki banyak kincir angin dan rumah-rumah kayu tradisional yag dipercantik dengan parit-parit dan rerumputan yang terlihat bersih dan rapi di sepanjang jalan-jalan yang sempit.

Lokasi Zaanse Schans
Zaanse Schans berjarak 19 km dari Amsterdam, jika mengendarai mobil sendiri itu akan memakan waktu sekitar 22 menit. Berita bagusnya Zaanse Schans termasuk dalam area regio tiket, yaitu tiket unlimited seharian yang bisa digunakan untuk explore amsterdam dan daerah pinggirannya. Untuk bahasan regio tiket pernah saya bahas di thread Tips Hemat Keliling Amsterdam

Transportasi Umum
Ada beberapa pilihan transportasi ke Zaandam yaitu train, taxi atau Bus. Menggunakan Bus adalah cara yang paling murah untuk mencapai Zaanse Schans. Normalnya untuk ke Zaanse Schans dari Amsterdam Centraal kamu harus membayar 7,8 euro untuk perjalanan pulang pergi, sementara itu jika kamu sudah memiliki regio ticket maka perjalanan ini free, alias sudah termasuk dalam harga regio ticket yang kamu beli.

Lokasi Bus
Bus ke Zaanse Schans bisa kamu temukan dibelakang gedung stasiun Amsterdam Centraal, jika kamu masuk dari pintu utama amsterdam centraal, maka kamu tinggal lurus saja ke belakang hingga menemukan deretan bus. Bus ini dioperasikan oleh operator Connexion

Tips
Setelah menemukan bus dan lokasi busnya, harap diperhatikan nomor bus yang akan menuju Zaanse Schans, sebenarnya ada beberapa alternatif bus, cuma saya disini akan memberikan cara yang praktis, simpel, sekali jalan dan tentu saja tidak pakai transit, yaitu:
-Gunakan Bus bernomor 391, Bus ini tujuaan akhirnya adalah Zaandam atau tertulis richting Zaandam, Zaanse Schans
-Jika sudah mempunyai regio ticket perlihatkan tiket tersebut ke drivernya dan jangan lupa men check in kan ke pintu sensor yang ada di pintu masuk
-Jika tidak punya regio ticket silahkan membeli tiketnya ke driver
-Jangan lupa untuk menekan tombol stop jika Bus sudah tiba di halte Zaanse Schans

Oleh : Zizou Zukri Sikumbang‎

credit image: www.jalan2liburan.com