Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Pulau Derawan terletak di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Pulau Derawan merupakan tempat yang paling penting bagi ekosistem laut karena wilayah ini termasuk ke dalam jalur feeding ground terpenting di dunia. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Di sana kita dapat mengintip keindahan alam ditambah lagi di sana merupakan tempat ratusan penyu dan biota laut memilih sebagai tempat hidup. Bisa kamu bayangkan betapa serunya jika kita mengunjunginya.

Jika kamu masih ingat dengan tokoh penyu bernama squirit di film finding nemo yang berpindah lokasi bersama kelompoknya, maka begitu pula kehidupan nyata penyu. Mereka termasuk hewan yang senang berpindah tempat mengikuti arus laut. Dan kawasan Derawan menjadi salah satu jalur yang dilewati dalam perpindahan itu. Bahkan berdasarkan penelitian yang dikembangkan pulau Derawan merupakan salah satu multi countries feeding ground terpenting di dunia.

Kepulauan Derawan ini sedang dipromosikan oleh Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur, sebagai salah satu wisata andalan. Wisatawan lokal dan Mancanegara, makin berwisata disana, pilihan selain untuk menyelam, melihat proses bertelur penyu, juga menikmati pantai yang bersih dan indah. Sepanjang pantai bersih dan tidak ada sampah. Fasilitas komunikasi di Kepulauan Derawan sudah baik, sebagai contohnya adalah sudah terjangkau dengan sinyal 3G.

Untuk sampai ke pulau Derawan, kota terdekat yang bisa ditempuh dengan penerbangan adalah kota Balikpapan dan Tarakan. Dari Balikpapan dan Tarakan, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan penerbangan menuju Tanjung redep dengan jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam. Sebagai transportasi dari Tanjung Redep menuju kepulauan Derawan, pengunjung dapat menyewa kapal kayu berkapasitas 20 orang atau menggunakan speedboat milik WWF berkapasitas 12 orang. Jarak tempuhnya sekitar 4-5 jam. Karena lokassi Kepulauan Derawan memiliki banyak pulau yang indah, disarankan untuk menyewa kapal saja selama beberapa hari agar mudah berwisata dari satu pulau ke pulau lainnya.

Di pulau Derawan, selain kamu dapat berinteraksi langsung dengan ratusan penyu dan manta (ikan pari), jangan lewatkan kesempatan diving atau snorkeling. Soal fasilitas penginapan jangan khawatir. Ada banyak fasilitas homestay di rumah  penduduk dan station WWF yang juga menyediakan cukup banyak kamar.

Selain itu, coba menyeberanglah ke pulau Maratua untuk menyaksikan kegiatan pembuatan kapal. Pulau Maratua memang terkenal dengan keterampilan penduduknya membuat kapal kayu.

Setelah itu, kamu dapat melanjutkan petualangan kamu ke Pulau Kekeban. Setelah trekking, hilangkan lelah sambil berenang di Danau Kekeban yang berair asin. Tetapi yang paling diingat adalah ketika kamu berwisata di kepulauan Derawan, jangan lupa untuk menjaga kehidupan penyu serta biota laut lainnya.

credit image : www.telusurindonesia.com